Pengalaman Melakukan Transaksi Jual-beli Dengan Klien Dari Luar Nergi



Kali ini saya akan share tentang pengalaman saya pas dapet klien dari luar negri. Mulanya pada tanggal 3 april 2016 lalu, ada seorang klien dari Malaysia ingin membeli paintcone. Awalnya saya ingin menolak dikarnakan saya belum pernah melakukan transaksi dengan cust luar negri.
Tapi setelah dipikir-pikir, kalau gak dimulai dari sekarang, kapan lagi saya kirim barang ke luar negri? Kan keren juga kalau paintcone ayana henna bisa go international. Hihihi
Kitapun sepakat untuk melakukan transaksi jual-beli. Ada 4 hal yang harus saya pikirkan waktu itu. 

Pertama, bahasa. Bahasa punya peranan penting banget dalam transaksi jual-beli, untungnya klien saya yang satu ini dari Malaysia, jadi bahasanya hampir mirip sama bahasa indonesia.

Kedua, perbedaan mata uang. Setelah dia fix dengan jumlah orderan, saya pun menghitung total angka yang harus dia bayar. Saya menggunakan in.coinmill.com untuk mengkonversi mata uang Indonesia jadi ringgit Malaysia.

Ketiga, Transfer dan terima transferan uang pakai apa? Setelah saya searching beberapa artikel digoogle. Akhirnya saya putuskan memakai layanan jasa transfer dan terima uang dari luar negri menggunakan Westren Union. Mekanismenya gampang banget.
Kita hanya perlu mengirimkan identitas ktp kita ke klien dan jumlah uang yang harus mereka bayarkan, untuk mempermudah, saya berikan nominal dalam ringgit Malaysia.
Setelah klien transfer, dia akan memberikan no MTCN (Money Transfer Control Nomber) dan identitas nya.
Gak butuh waktu seharian, beberapa jam setelah dia konfirmasi transferannya, saya lansung ke Indomart. Ngapain? Ya nyairin uang yang dia kirim. Sekarang gak usah ngantri lama dikantor pos buat ambil uang melalui Western Union. Uang bisa diambil di indomart atau bank-bank yang kerjasama dengan Western Union. So easy kan...

Tahapan pencairan uang Western Union di Indomart
1.    Langsung menuju kasir, bilang kita mau terima uang lewat Western Union
2.    Setelah kasir ngasih form pengambilan uang, isi form tersebut sesuai dengan kartu identitas yang kamu berikan ke yang transfer uang. Kalau pake KTP isi no KTP, Nama sesuai di KTP dan alamat sesuai dengan yang tertera di KTP.
3.    Isi no MTCN beserta nama pengirim dan nominal jumlah yang dikirim
4.    Serahkan form tadi beserta fotocopy KTP
5.    Tunggu sebentar, jika semua datanya sesuai, maka uang akan cair saat itu juga.

Setelah uangnya cair. Sekaran tinggal ngurusin pengirimannya deh. 

Keempat. Pengiriman. Untuk pengirimannya saya akan bahas di postingan berikutnya. Soalnya barangnya blum dikirim 
Share on Google Plus

About AyanaHenna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. mana lanjutannya sis kepo nih mau melakukan trx ginian jg sayah hehehe

    ReplyDelete