Pengalaman Membuat IUMK dan NIB sendiri secara Online Part 2

 Dipostingan kali ini saya akan share tahapan yang saya lalui untuk membuat IUMK dan NIB secara Online. Mulai dari daftar hingga download NIB dan IUMK yang gak sampai 15 menit. 

pertama-tama buka laman oss.go.id lalu klik DAFTAR/MASUK seperti yang saya beri tanda kotak merah digambar samping kiri.









Lalu pilih opsi DAFTAR







Isi semua kolom dengan benar dan jujur yah. Yang perlu diingat adalah semuanya harus atas nama 1 orang. Mulai dari nama di KTP, di SKU. di KK. di Buku tabungan, dan NPWP (jika ada). Gak boleh pake nama lain meski pasangan saha atau anak. Syaratnya seperti itu.
Harus email aktif dan no hp aktif. Karna email notofikasi akan dikirimkan ke email yang didaftakan. dan kalau sudah didaftarkan, TIDAK BISA DIUBAH! ngetiknya harus hati-hati jangan sampai salam nulis email ya say.

Setelah selesai, tunggu email notivikasi dari oss. buka email secara berkala. nanti akan ada email seperti disamping untuk aktivasi akun di oss.

Jika sudah menerima email, klik tulisan aktivasi seperti gambar disamping. 



Setelah keluar tulisan seperti ini, segera chek kembali email yang terdaftar






Kamu akan menerima email yang berisikan user dan password. password bisa diubah melalui akun oss setelah kamu berhasil login ke akun oss mu.






Tampilan setelah kamu berhasil login adalah seperti ini. Klik permohonan.






karna kali ini sedang membahas IUMK jadi pilih opsi IUMK - Pembuatan NIB atau Izin usaha juga bisa





Lanjutannya, Klik 'DISINI' yang ada seperti digambar











Setelah diklik, tampilan selanjutnya seperti ini, ada beberapa tahapan data pribadi dan data usaha yang harus kita isi. Isi dengan jujur dan benar









ditahap kedua, klik TAMBAH USAHA seperti gambar disamping untuk mendaftarkan usaha untuk membuat IUMK. lalu isi beberapa data mengenai usaha 







Gambaran mengenai data usaha yang harus kalian isi. disini ada kolom PILIH KBLI. KBLI itu apa?
adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa.

Untuk menentukan KBLI usaha kalian itu apa. kalian bisa searching lebih lanjut DISINI ada panduan lengkap untuk menentukan KBLI. kalian hanya perlu menulis kegiatan usaha kalian di kotak SEARCH yang terdapat dilaman. Misalnya usaha kalian adalah jasa jahit rumahan.

contohnya seperti digambar ini. tulis JAHIT di kolom SEARCH alu akan muncul beberapa opsi usaha yang berhubungan dengan jahit. kalian hanya perlu mengingat kode disampingnya dan tulis kode depan di kolom KBLI

















Setelah selesai isi, dan tidak ditemukan keanehan pada jawaban kalian. surat NIB dan IUMK pun sudah jadi dan bisa di download.

Selamat mencoba! semoga artikel ini membantu.







Share on Google Plus

About AyanaHenna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment